Rabu, 17 Desember 2008

REVIEW SISTEM BISNIS BAB III

Menganalisis argument-argumen pasar bebas dan pemerintah berarti kita menganalisisapa yang disebut oleh para fisikolog sebagai idiologi. Idiologi adalah sebuah sistem keyakinan normative yang dimiliki oleh para anggota kelompok sosial tertentu. Idiologi mengekspresikan tanggapan kelompok tersebutpada pertanyaan tentang sifat manusia, tujuan dari institusi sosial, bagaimana masyarakat menjalankan fungsinya, dan nilai-nilai yang dilindungi masyarakat. Jadi , idiologi bisnis adalah system keyakinan normative atas masalah-masalah tersebut, khususnya yang diyakini oleh kelompok-kelompok bisnis tertentu, minsalnya para menejer.

Dalam sebuah analisis tentang idiologi bisnis yang mendominasi masyarakat Amerika dan kebutuhan untuk membuat idiologi bisnis ini lebih sesuai dengan besarnya tinggkat persaingan dalam bisnis Amerika saat ini, Gorge ladge, dari Harvad Busines School mengidentifikasi dua idiologi penting yaitu Individualistik dan Komunitarian yang merupakan karekteristik dari berbagai masyarakat yang berbeda.

Dalam teori, system pasar bebas didasarkan pada dua komponen yaitu system property swasta dan system pertukaran suka rela. Dalam system pasar bebas murni, tidak ada batasan atas apapun yang dimiliki seseorang dan apa yang boleh dilakukan dengan property yang dimilikinya, atau apa saja pertukaran yang boleh dilakukannya.

Jika tidak ada pemerintahan, manusia akan mendapati dirinya dalam keadaan alami (Jhon Locke, 1632-1704). Dalam secara alami ini, setiap orang secara politih adalah sama dan sepenuhnya bebas dari batasan-batasan selain hokum alam atau prinsip-prinsip moral yang diberikan tuhan dan yang dapat ditemukan semua orang dengan menggunakan peralatan yang diberikan tuhan. Tetapi yang dikatakan oleh Jhon Locke mendapat kretik yaitu adanya ketidakmungkinan terhadap hak property yang dimiliki individu dan pada pada pasar bebas adanya diskriminasi terhadap keadaan fisik dan material.

Adam Smith (1723-1790) menatakan system pasar komperatif mengalokasikan sumberdaya secara efesien didalam sebuah industry didalam masyarakat. Saat suplai komoditas tertentu tidak dapat memenuhi permintaan, para pembeli menaikan tawaran harga maka para produsen akan memperoleh keuntungan, dan apabila terjadi hal sebaliknya maka produsen akan mengalihkan keproduksi komoditas yang lain yang dapat lebih menguntungkan. Perktaan Smith ini mendapat kritik yaitu terjadinya monopoli dalam perdangangan yang dilakukan oleh perusahaan besar, adanya pemborosan social apabila saat produsen menggunakan alam dan mencemarinya tanpa ada rasa tanggung jawab terhadap kepentingan umum, dan manusia itu bertindak bukan karena termotivasi ole keinginan tetapi bertujuan untuk memperoleh kentungan diman diketahui bahwa manusia bersifat rasionalitas ekonomi.

Permintaan atas barang dan jasa adalah permintaan dari tiga sektorekonomi yaitu rumah tangga, bisnis dan pemerintah (Keynes, 1883-1946). Perbedaan antara total permintaan dan persediaan terjadi apabila rumah tangga memilih menyimpan uang yang dihasilkannya dari pada membeli barang dan jasa, akibatnya saat jumlah permintaan lebih kecil dari persediaan, maka akan terjadi kontraksi persediaan. Dan juga pemerintah mampu mengendalikan permintaan dan persediaan agar terjadi penghematan juga pemerintah dapat mempengaruhi secara langgsung jumlah yang bias diperoleh rumah tangga dengan menaikan atau menurunkan pajak.

Apa yang dikatakan oleh Keynes bertolak belakang dengan pandangan Adam Smith, intervensi pemerintah dalam bidang ekonomi merupakan intrumen yang diperlukan untuk memaksimalkan utilitas masyarakat. Pasar bebas tidak selalu merupakan cara yang paling efesien dalam mengordinasi sumber daya masyarakat. Pengeluaran pemerintah dan kebijakan fiscal dapat digunakan untuk menciptakan permintaan yang diperlikan untuk menekan penggunaan. Pandangan-pandangan ini merupakan inti dari system ekonomi Keynes.

Individu-individu yang agresif dan berani dalam bisnis akan memungkinkan mendapat hasil yang maksimum, tetati pihak pemerintah tidak dapat ikut campu untuk memdantu individu dalam hal bisnis. Jika kaum yang lemah dapat bertahan dalam persaingan ekonomi, maka mereka akan mewariskan karakteristik-kerakteristik lemah mereka dan umat manusia secara keseluruhan akan mengalami kemunduran.

Menurut Marx ekonomi kapitalis menghasilkan empat bentuk. Pertama, masarakat kapitalis memberikan hasil usaha kepada orang lain, kedua kapitalisme mengasingkan pekerja dari aktivitasnya sendiri, ketga kapitalisme mengasingkan orang-orang dari diri mereka sendiri dengan menamakan pandangan keliru atas apayang mereka butuhkan dan inginkan dan keempat, masyarakat kapitalis mengasingkan manusia satu sama lain dengan memisahkan mereka kedalam kelas-kelas social yang bertentangan dan tidak sederajat serta menghancurkan komunitas dan hubungan perhatian.

Fungsi pemerintah sesungguhnya seperti dalam sejarah,menurut Marx, adalah untuk melindungi kelas-kelas pengusaha. Semua masyarakat dapat dianalisis dalam kegiatan dengan dua komponen utamanya ; substruktur ekonomi dan super struktur social. Dan jenis-jenis hubungan produksi yang digunakan suatu masyarakat bergantung pada jenis produksi yang masyarakat tersebut.

Marx mengklaim pemisahan pekerja yang didasarkan pada dua karakteristik modern, pertama dalam system kapitalis modern, asset-asetproduktifdimiliki dan dikendalikan oleh para pemilik yang hanya berysaha menambah asset mereka dengan bersaing dipasar bebas dengan pemilik lain yang juga memiliki keinginan yang sama. Kedua, masyarakat modern akan mengalami kembali siklus downturn atau krisis. Ketiga, pasisi pekerja dalam masyarakat kapitlis secara bertahapakan semakin memburuk.

Pada dasarnya ekonomi campuran mempertahankan sistempasar dan kepemilikan pribadi yang sekaligus bergantung pada kebijakan pemerintah untuk mengatasi kekurangan-kekurangannya. Transfer pemerintah digunakan untuk menghilangkan aspek-aspek buruk dari kesengajaan dengan menarik uang dari kelompok kaya dalam bentuk pajak penghasilan dan mendristibusikannya kepada kaum lemah dalam bentuk tunjangan.

Tidak ada komentar: